Beranda | Artikel
Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 19 November 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain

Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah mengatakan:

عليك بالرفق واللين وحفض الجناح للمؤمنين

“Hendaknya kamu bersikap lemah lembut dan tawadhu kepada kaum mukminin.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada rasulNya:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya.” (QS Ali Imran [3]: 159)

Di ayat ini Allah mengingatkan rasulNya akan nikmat yang berupa sifat dan sikap lemah lembut. Hal ini menunjukan bahwa seorang yang diberikan sifat lemah lembut berarti ia telah mendapatkan rahmat dari Allah Ta’ala. Dan sebaliknya, seorang yang bersikap kasar dan sombong maka ia dijauhkan dari rahmaNya.

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Bersikap Lemah Lembut dan Tawadhu kepada Orang Lain

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/9637-bersikap-lemah-lembut-dan-tawadhu-kepada-orang-lain-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/